Obat Tifus yang Mujarab

Boleh jadi, penyakit gejala tifus (Typhus, Typhoid Fever) mungkin adalah penyakit yang “akrab” dengan saya, pertama kali saya mengidap sakit ini ketika di bangku SMP. Suhu badan meningkat, demam, nafsu makan menurun, mual, muntah, kepala pening, adalah beberapa ciri dari sakit ini. Tifus (Typhus) adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Salmonella typhi yang menyerang pencernaan manusia khususnya Usus.

Ada obat tradisional yang sampai sekarang selalu saya Andalkan, yaitu Cacing Tanah (Cacing Kalung, Pheretima aspergillum). Dulu ketika belum secara medis terbukti khasiat Cacing Tanah ini, masyarakat pedesaan sudah sering mempergunakannya untuk mengobati sakit tifus, maag, dan perut kembung dengan cara meminum air rebusannya, yang dapat dicampur dengan madu atau kunyit supaya terasa “enak”. Kini cacing sudah dikemas dalam berbagai bentuk, termasuk dalam bentuk kapsul praktis yang terjangkau harganya (12 kapsul sekitar 2500-4000 rupiah), dapat diperoleh di Apotek terdekat.

Karena lumayan “berpengalaman” mengidap penyakit ini, sampai-sampai saya tau kl saya akan terkena gejala tifus, biasanya akan diawali dengan demam tinggi dan menggigil selama beberapa jam terutama di malam hari disertai rasa mual. Nah, ketika tahap ini saya sudah tahu, kl penyakit langganan datang. Keesokan paginya ketika bangun tidur, kepala akan mulai pusing dan pening. Nah, sebelum nafsu makan benar-benar drop, biasanya saya langsung makan yang banyak, walau rasanya tidak enak di lidah, tapi motifasikan diri Anda kalau ingin cepat pulih dan segera beraktifitas. Tidak lupa untuk meminum 3 kapsul cacing setelah makan, 3 kali sehari. Bila dirasa sakitnya sudah meningkat ditandai dengan gejala muntah-muntah, 3 kapsul cacing dapat ditambah dengan obat antibiotik seperti Amoxicillin (lebih baik dengan resep dokter). Jangan lupa, makan teratur, hindari makan makanan Asam, Pedas, dan Soda bila perut Anda kosong, akan lebih baik untuk mencegah penyakit ini datang.

Join the Conversation

138 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    1. Sabar mas, biasanya memang kalau habis sakit tipes suka gitu, mungkin karena tekanan darah menurun, tapi sebaiknya di konsultasikan ke dokter.

  1. Saya 2 bulan kemarin kena typus. Rawat jalan oleh dokter di kasih obat, tapi mungkin tdk cocok. Soalnya detak jantung jd cepat habis mengkonsumsi obat, akhirnya saya putuskan mengganti obat dokter dg ekstrak cacing. Biasa di sebut tilung atau vermint. Alhamdulillah sekarang sudah agak baikan.

  2. Saya sdh hampir 1 tahun tiap 2 mnggu menggigil…setiap dokter beda2…pertama emang tipes katanya..tp lama2 blgnya tipes dh sembuh..tp smpe skrg msh menggigil aja…tlg ya ..saya tersiksa bgt..kalo bukan tipes apa…?saya menggigil tp gak panas

  3. Assalamualaikum, saya di vonis menderita typus type H trus sdh dirawat 3 hari di rumah sakit, sekarang rawat jalan dan dikasih antibiotik, obat demam, maag dan vitamin, saya mau tanya kalau saya mau tambah minum vermint boleh apa tidak, dan dikasih jeda brp lama? Atau obat anti biotik nya saja sama vermint yg saya minum? Mohon info nya, terimakasih

  4. Bagi yg pernah kena typus, sebaiknya di vaksinasi typhus, perulangan setiap 3 thn. Bila pernah kena typhus meskipun sdh sembuh, bakteri akan bersembunyi di dlm empedu.
    Bila kondisi tubuh lemah, bakteri akan berkembang biak. Awal thn 2014 harga vaksin typhus di farmasi RS Mitra Kemayoran sekitar 225 rb. Dgn vaksinasi saya lbh merasa vit, bila sblmnya gampang cape
    Vaksinasi membuat daya tahan tubuh lbh baik & produktifitas meningkat

  5. Skrg suami aku lg skit nih kt dokter sih gejala tipes.. Aku mw tnya ap boleh besoK suami sy prjlnn jauh? Pasalnya pkrjaanya g bisa diajk kompromi n mnghruskn ia hadir.. Tks

  6. Saya telah 3 kali terkena tipes, jd skrng sy mau share ciri-cirinya:
    1. Menggigil disore dan malam hari
    2. Makin hari suhu tubuh makin meninggi
    3.Sembelit/ diare
    4. Mata panas
    5. Kepala tidak pusing tapi nyut-nyutan di beberapa tmp
    6. Permukaan Lidah berwarna putih/ kotor
    7. Rasa makanan aneh, yg asin/ gurih jd pahit, yg biasa ßî§ã jd asin sekali
    Pengobatan dengan penyembuhan tercepat yg saya jalani ???? 2: rawat inap dan kalo tidak ingin dirawat sy konsumsi herbal tilung (obat tipes dari cacing tanah) alhamdulillah hasil keduanya ßî§ã lbh cpt menstabilkan kondisi tubuh drpd berobat ke dokter (ya tapi cocok2an yah)
    Makanan ?ª?? boleh dan tidak utk penderita tipes:
    Makanan yang dianjurkan untuk penderita typus adalah makanan yang berasal dari olahan susu, jus, sup dan banyak air mineral. Selain itu telur, ikan, daging unggas, keju, madu, permen, jelly, rumput laut, bayam, melon, terong termasuk jenis makanan yang boleh dan aman dikonsumsi oleh penderita typus.

    Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari sementara adalah:

    Sumber karbohidrat: beras ketan, beras tumbuk/merah, roti whole wheat (gandum), jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue-kue lain yang manis dan gurih.

    Sumber protein hewani: daging berserat kasar, serta daging, ayam, ikan diawetkan, telur mata sapi, didadar.

    Sumber protein nabati: kacang merah serta kacang-kacangan kering seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang tkedelai.

    Sayuran: sayuran yang berserat tinggi seperti: daun singkong, daun katuk, daun pepaya, daun dan buah melinjo, oyong, serta semua sayuran yang dimakan mentah.

    Buah-buahan: buah-buahan yang dimakan dengan kulit seperti apel, jambu biji, serta jeruk yang dimakan dengan kulit ari; buah yang menimbulkan gas seperti durian dan nangka.

    Lemak: Minyak untuk menggoreng, lemak hewani, kelapa dan santan.

    Minuman: kopi dan teh kental; minuman yang mengandung soda dan alcohol.

    Bumbu: cabe dan merica.

  7. Malam gan..mu nanya anakku skrg umur 22 bulan dan sudah ada virus tipes..yg saya mu tanyakan lebih mujarab minute obt yg sdh di olah yg di apotik atau cacing’y qt rendem di air dan air’y di minumin ke anakku,kalo ayah’y she kemaren sudah bt obat cacing di bakar dan di cmpur air sdkit lgsg di ksih minum

  8. mas anak saya umur 11 tahun, 37 Kg
    di diagnosa gejala typus dan telah di kasih Cefadroxil sbg antibio-nya, apa boleh saya kasih Vermint sekalian pas minum obatnya atau nunggu selang bbrp jam dulu.
    Trims

    1. Vermint Baik di minum sebelum atau setelah makan,Ada baiknya di minum _+15 mnt sebelum obat dokter ,Agar membantu mendoron khasiat abat tsb,mksh

  9. Sekedar sharing
    1. bagi yang geli2 ngrebus cacing sendiri, ada kok yg sdh capsul merk V*rm*nt.
    2. Untuk tipus, sangat cocok, usus yg terluka akan cepat diperbaiki dengan protein tinggi.
    3. Ane sekeluarga make utk harian, kandungan protein cacing tinggi, manfaatnya banyak sekali, bisa untuk stamina (1-2x/hari) sampai untuk vitalitas (7-9cps diminum sejam seblumnya)
    TRUST ME IT WORKS

  10. mas m nanya, sy demam sdh mlai dr mlm rabu trus kamis paginy sdh turun cm pilek sm batuk aj, hr jmt sore bdn sy pnas lgi, anehny pnas cm dtlapak tangan n kaki saja, ga nafsu mkn tp tdk mual n muntah, kpla tidak pusing, bab tdk susah dan saya ngerasa kegerahan, sdh kdokter ktny ispa tp dsuruh cek lab kl pnasny blm trun slm 3hr, mhn pencerahanny, thank

  11. Assalamu’alaikum
    anak sya skrng lg proses pnymbuhn pnykt Tifus.Sebelumnya udh di bwa ke dktr anak,dan disarankan untuk cek darah,hsilnya positif Tifus,tp kta dktr g hrs d rawat.Demam+pusingnya udh g ada,3 hri kblakang ada mimisan tp alhmdlilh udh smbuh.Skarng yg msh jd keluhn sya ko perutnya msh kembung ya kdang trasa skit.Knapa ya apa g berbahaya klo sprti itu?
    mhon pnjlasannya,terima kasih.

  12. ikutan2. mau tanya ni, saya tu sudah lama sekali kena penyakit tipus, tapi sudah berkali2 coba saya berobat ke dokter tapi belum juga sembuh total,masih sering kumat, gimana caranya ya..? disamping kita bertawakal kepada allah,

  13. ikutan2 ni mau tnya, sya tu sudh lama sekali kena penyakit tipus,dan sudah berkali2 coba saya obati dengan obat kedokteran, tapi belum sembuh total. dan saya mau tnya ni..? bagai mana ni caranya pengobatanya di samping kita bertawakal kepada allah, supaya bisa sembuh total..? trimakasih.

    1. kalau beli yg di apotik kurang manjur, cari cacing sendiri aja, dibelah, bersihkan , jemur trus oseng2, tumbuk dan masukan ke dalam kapsul, kalau tahan amis rebus aja dan konsumsi lansung, konsumsi 3 kali sehari , paling lama seminggu udah sembuh, biasanya 2 atau 3 hari udah sembuh dan gak balik lagi,
      ( pengalaman ponakan yg udah berobat kemana2)

  14. Saya dua kali dlam stahun kna tifus.
    Mnderita rasa ny.

    Pisang juga bisa d jadikan sbgai obat!
    1 pisang d potong dn dmasukan ke dlam belender beserta 1 sendok madu lalu blender.
    Minum hingga pasien bnar” sembuh

  15. gan mau tanya nech…cacing untuk tifus itu apakah sama dengan cacing yg dipake mancing,,thanks sebelumx atas penjelasanx,,,mari hidup sehat selalu

  16. makasih ya infonya
    soalnya saya juga positif tyfus. dokter nyaranin rawat inap sih, tapi saya gak mau.
    obat yang dikasih dokter dah habis, tapi kayaknya saya masih merasa hal yang sama.
    moga aja obat cacing solusi yang tepat buat saya…

  17. APA sempat baca diatas from ibanez, thiampenicol itu obat apa ya ? sejenis anti biotik bukan? apakah ada efek samping ya bila konsumsi rutin walaupun nanti tdk sakit lagi ? saya lagi proses penyembuhan typus
    , pls kasih saran n pendapatnya,aq jg minta pendapat kpn konsumsi yg baik utk minum susu selama proses penyembuhan.

  18. assalamualaikum. … udah hampir dua minggu pacar saya pusing, demam, sakit perut, mimisan, dan badan bergetar serta sakit badan….ketika cek darah, dia di ponis tifus tapi kenapa ya ketika dia bangun dari sebelah kanan, dadanya terasa sakit ??? saya khawatir dy bkan hanya terkena tifus… saya minta penjelasan nya trimakasih

    1. Mbak novi, sepengalaman saya, kalau sudah divonis tifus dan suhu tubuh tinggi, lebih baik dirawat di rumah sakit. Mungkin dada sakit / mimisan ada hubungannya dengan suhu badan tinggi… Silakan konsultasikan dengan dokter, semoga lekas sembuh…

  19. Dua hari telah berlalu sy skit mual, buang
    air besaar sering sekali, pening, mulut terasa paahit gejala apakaah ini,…..

    apakah muntaber – tifus .. terus sayaa harus minum obat apa..makasih

  20. emang, yang satu nie penyakit merepotkan! banyak pantangan. kalau dilanggar, ya tau ndiri lah akibatnya. masalahnya, terkadang penderita gk menyadari kalau beberapa pantangan sedang dilanggarnya (makanan, minuman, beban kerja & sekutunya) terus malemnya/beberapa saat setelah menjalankan pantangan tersebut,.. mulai deh absen satu-persatu: mulai dari pusing, lalu mual(bahkan langsung muntah), trus puanassss,.. gubrak,. istigfarlah trus tidur aj deh. “kapsul cacing cuma pereda sementara doank. gak mempan kalau g istirahat.” terutama buat yg udah sering kambuh. kalau masih sering nekat, yah paling2 rambut bisa botak tuh(minimal).

  21. saya sekarang ni sedang kena penyakit thypus dah 3 hari ga masuk kerja mulai dari senin kemaren.taunya setelah cek darah selasa kemaren baru tau klo kena thypus. awalnya dari malam minggu,saya tu dah ngerasa ga enak badan kaya meriang2 gitu.tp saya pikir masuk angin biasa dah gitu minta kerok ama orang rumah tp ga kunjung sembuh.malem senin malah panas tinggi.sampe 38,4 derajat celcius dah gitu tenggorokan sakit..kena faringitis jg..mana bibir jg pecah2 terasa selalu haus jadi saya pikir ni gara2 radang tenggorokan mungkin kebanyakan ngerokok jadi kena panas dalam.jadi saya beli extra joss ama liang tea tetep ga mempan..sampe senin ga masuk kerja.karna ga sembuh2 orang rumah nyaranin sek darah.baru deh ketauan klo tnyata kena thypus.sekarang ni lg proses penyembuhan selain minum resep dokter saya jg minum kapsul cacing merk fermino.dirumah ada pocari sweat 2 liter yg sengaja di belikan orang rumah tp saya ga mau minum krn katanya jangan minum yg asam2 makan yg pedas2 dan berserat belum di bolehkan..ada jg sari kurma di rumah apa tu diminum jg? karna bnyk sekali obat yg saya minum.(dari resep dokter 5 jenis obat selain kapsul cacing)dah gitu makan apa ja yg dibolehin selain makan bubur??

  22. saya terkena tipes..sama dokter dikasih antibiotik chloraphenicol…trus dikasih PIL cacing… dan skrg penyakit tipesNya sudah sembuh katanya.. tp darah saya masih rendah nih… masih terasa pusing… tolong donk yg ngerti,,makanan apa yg harus saya makan setelah sembuh dr tipes?? supaya saya kembali normal.. makasi yah…

  23. saya sering keram keram. di bagian perut,tangan, kaki dan jari tangan atau otot di mana saja sering bergerak gerak ( sunda= kukurunyudan ) apa ya obtnya. kurang lebih sudah 7 tahunan hal saya alami,terima kasih,

  24. asalamu alaikum slm kenal semua x 1byulan yang lalu skitar hari jum?at januari akhir blan saya mendetita demam panas tinggi, awalnya saya fikir hanya masuk angin biasa, tapi setelah beberapa hari saya belum rasa membaik, akhirnya saya putuskan untuk cek ke dokter, stelah hasil tes lab keluar ternyata day terkena dbd + thypus jadilah saya harus dirawat karena trombosit sudah mencapai 88000 (normal 156000). saya dirawat selama 3hari dan saya diperbolehkan pulang. karena trombosit sudah mencapai 170000, namun bagaimana dengan thypusnya ya mas? karena spertinya tidak ada obat thypus yang dibeikan

  25. anakku terkena typus, diagnosa awal dokter db (saat ini lagi musim).. dua kali periksa darah akhirnya ketahuan kalo terkena tipus..
    pertama-tama di obati dengan jabung.. tapi karena rasanya agak asam.. dianya gak mau.
    temen menyarankan utk obat kapsul cacing.. sekarang sedang di opname aku juga kasih pil cacing..
    doakan anakku cepat sembuh yach

  26. 1 minggu yg lalu, skitar hari jum’at 3 januari, saya mendetita demam panas tinggi, awalnya saya fikir hanya masuk angin biasa, tapi setelah beberapa hari saya belum rasa membaik, akhirnya saya putuskan untuk cek ke dokter, stelah hasil tes lab keluar ternyata day terkena dbd + thypus jadilah saya harus dirawat karena trombosit sudah mencapai 88000 (normal 156000). saya dirawat selama 3hari dan saya diperbolehkan pulang. karena trombosit sudah mencapai 170000, namun bagaimana dengan thypusnya ya mas? karena spertinya tidak ada obat thypus yang dibeikan

  27. Dua hari yang lalu saya masuk rumah akit krn demam,seluruh persendian mulai dari ujung jari kaki dan tangan terasa ngilu.Saat aku diperiksa darah ternyata types saya mencapai angka 360, pdhal menurut dokter normalx pada angka 60.Kebetulan ada keluarga yang menyarankan saya mengkonsumsi buah sawo manila yang masih hijau dengan cara buah sawo manila diparut, lalu airnya diminum ebelum makan.

  28. Saya sedang tipus, dan sedang dalam pemulihan. Saya sudah dua kali kena. Untuk obat bahan dari cacing (bukan mau promosi) merk Vermin cukup baik, diminum 3 x 2 butir sehari. Pastinya, harus didampingi Thiamphenicol 3 x 1 sehari. Dan obat batuk OBH Nelco spesial untuk pereda demam malam dan pelega nafas yang pendek. Pengobatan setidaknya sampai 1 minggu. Please share ini semoga membantu.

  29. pengalaman saya tentang penyakit typhus,dapat disembuhkan dengan cacing kalung yang di goreng kreweng alias di goreng sampai gosong lalu dimasukkan ke dalam kapsul kosong di minum 3xsehari @3kapsul,tapi akan lebih baik lagi kalau di rebus lalu di telan,mngkn cr sprti itu bnyk yg gk mau/menjijikan.demikian sekedar pengalaman yg nyata.

  30. Anak saya yang berusia 5 tahun beberapa hari lalu setelah check darah dinyatakan positive typus. Setelah 4 hari memakan obat yang di resepkan dokter, saya mencoba untuk memberikan Obat cacing (merk Vermint), karena sudah 5 orang sahabat saya menyarankan memakan obat cacing tersebut.

    Kalau di tanya ke dokter pastilah dokter “no comment” malah dokter bilang kalau typus ini dapat kambuh kembali kalau kondisi kita sedang drop, karena mungkin pada saat kita kelihatan sembuh, virus itu bersembunyi di empedu dan kapanpun bisa dateng lagi.

    Saya makin parno’ tingkat dewa *grrrh*
    Alhamdulillah setelah obat dari dokter mulai habis, saya mulai menyisipkan obat cacing ini di sela-sela 2 jam setelah minum obat dari dokter. Dan akan saya lanjutkan sampai sebulan ke depan. Kalaupun tetep di konsumsi ini tetep gak ada efek sampingnya juga. Karena memang dapat menambah vitalitas.

    Anak saya sudah kembali aktif dalam 2 hari ini setelah mengonsumsi obat cacing tersebut. Tapi tetep saya tidak memberikan pantangan makanan seperti yang pedas-pedas dan yang berserat tinggi. Saya biasanya kasih sup ayam, atau ikan yang memiliki daging lembut di dalamnya.

    Sebagai tambahan yang sangat membantu saya memberikan sari kurma (saya pakai merk Medina, di apotik2 ada koq itu biasanya, atau bisa merk apa aja. Di apotik K-24 juga ada). Sehari 3 sendok makan aja bisa di campur air hangat 2 sendok, karena itu terlalu kental dan biasanya anak-anak agak sulit kalau disuruh minum yang terlalu pekat begitu. Jadi saya biasa letakkan di gelas 3 sendok makan sari kurma + 2 sendok makan air hangat, setelah di aduk bisa langsung di minum. Itu membantu meningkatkan leukosit buat penyakit typus (dan bisa meningkatkan trombosit pada penyakit DBD).

    Insyaallah Obat cacing + Sari kurma dapat membantu penyembuhan penyakit Typus di samping obat yang di resepkan dokter. Semoga ini membantu 🙂

    -Angie Medan-

  31. aku pernah kena tifus,sblmny demam trus disertai flu jd aku pikir ya kena influenza,demam tinggi 3 hr trus smbuh(minum obt flu),tp 3 hr kemudian demam lg lebih tinggi suhuny 39,9 c,perut kembung rasa penuh,ga bs BAB,mual,sakit kepala berat,nafsu mkn menurun krn mual dan kembung,lidah kotor(putih) dan pahit,lemas sulit bangun(duduk apalgi berdiri),setelah diperiksa trnyata tifus..

  32. Askum lamken mua nya,,,,,,,,,, aku jga kena gejala tifus ,awal nya bersin2, 1 atau 2 hri kemudian badan trasa meriang, 2,3jam kemudian demam hebat, 2,3jam demam ny hilang tpi sakit kepala yg sangat sakit sekitar 1 jam an,, abis itu sembh kya biasa’ besok nya kumat lgi penyakit nya aneh memang tifus ini,,,,,,nah solosi nya lo aku kambuh aku sediakan (parasetamol)dan (amoksisilin) bsa jga d tambah dngn vitamin (grathazon) agar nafsu makan ga turun kerna akibat parasetamol <untuk pertolongan pertama sebelum kta menderita demam ,,,,,, bru cri obat cacing hehehehehehe mudan bermanfa'at

  33. ane udh 1 minggu tifus gan, tp ga ane obatin. kata nyokap angkat ane dia dulu waktu masih bocah sama ibunya kalo ada gejala2 seperti tifus langsung di cariin cacing tanah di kebon, hasilnya ada yg digoreng trs dimakan, di rebus trs dminum air rebusannya. ane petama ngedengernya geli dan jijik, trs ane disuru ke apotek deket rumah disuru beli kapsul cacing.. WTF itu cacing ada dalem bentuuk kapsul jg???! ane ga percaya sebenernya sm pengobatan2 kaya gitu sampe akhirnya ane searching dan baca artikel ini. langsung ane beli ke apotek tu kapsul cacing. tp harganya ga seperti yg ente bilang gan. ane beli Rp.41000 isinya ada 30 kapsul. baru ane makan 3. semoga ane sembuh dah. amin.. thanks infonya gan

  34. adikku sakit tifus udah skitar seminggu,udah sembuh tapi baru dua hari penyakitnya datang lagi….aku bingung gimana cara terbaik nya,udah berobat kepuskesmas dan minim obat dokter,,,dan obat cacing pun diminum,,,tapi malah kambuh lagi..
    tolong solusinya gimana

  35. saya bener2 baru pertama kali ngerasain yg namanya terkena penyakit tyfus.
    pkkya gak bs ngapa2in bener alias tepar dtempat tidur. dah capek saya berobat kedokter tp gak ada hasil sm sekali.
    saya putuskan untuk minum obat cacing alhmd efeknya ada.

  36. aq juga lagi kambuh ni,,,
    lemes,,,kringet dingin,,,rumah brantakan,pdhal cm nyapu aja tadi tapi lngsung lemes gak karuan,,
    nama obat cacing yg biasa aq minum itu vermint,,,apotik banyak yg jual kok,,,sm minum pocarisweet soalnya klo tifus itu perlu bnyak cairan sm minum susu beerbrand,,,
    smg bermanfaat
    thax

  37. adik saya udah 1 bulan kena typus g sembuh2 udah opname di rumah sakit pulang 3 minggu opname lgi ,apa obatnya ya?

  38. mas mau tanya saudara saya mengalami gejala panas naik turun trus dibarengin gigi sakit..sudah dua kl periksa ke dokter,dokter blng gejala tipes sama dbd.saya jd bingung yg bener yg mn mohon penjelasannya.terima kasih.

  39. kalo saya udah 1 bulan ini mengidam penyakit tifus, tapi sekarang udah dalam masa pengobatan, tapi ntar saya coba beli obat yang terbuat dari cacing, karna kayaNya to obat emang benar mujarap buat nyembuhin penyakit tifus,,,
    thanks ya infoNya..

  40. Saya ibu2 hamiL…,, sudah 1 mggu Lebih kena tifus..
    Br0bat ke d0kter cuma d kasih 0bat muaL,antibi0tik,panadoL,sama 0bat nyeri d0ank..
    Skrg 0batnya udah habis.. Tpi saya bLum sembuh2..
    Saya pngen bnget smbuh.. Suami saya bilang kLo ???????? smbuh mkan yg bnyak, tpi gimana mau makan,tiap kali mau makan uluhati saya sakit bnget, udahannya saya muntah2 yg smakin menambah sakit uluhati saya.
    Blum lagi saya diare juga.. Saya takut apa2 sama beiby saya..
    T0long smuanya, klo ada inf0 tentang 0bat tifus yg manjur, bagus dan aman buat ibu hamiL.. dmna saya bisa dapetin ? Apa nama 0batnya ? Skian trimakasih.. M0hon inf0nya ya..

  41. makasih yaa…sy 4 hari yg lalu positif kena tifus…atas izin Alloh…ketika sdg googling ttg tifus ketemu websitemu…dan langsung q coba…dgn tawakkal kepada-Nya…Alloh yg menciptakan penyakit pasti sekalian menciptakan obat… 🙂 Alhamdulillah…sore itu langsung minum 3 butir kapsul cacing+7 tetes propolis gold+5 butir habbats 🙂 malamnya saya langsung diare..4x dalam semalam hingga badan q lemes..paginya 2x diare tp demam q sdh turun…dan hx 3 hari minum obat alhamdulillah…padahal tahun 2004 sy juga kena tifus..minum obat dr puskesmas…malahan parah..jadi hepatitis…tp sekarang gak…makasih yaa atas bagi2 infonya… 🙂 di sini harga perbotol isi 30 Rp.48rb namanya vermin…tp orang apoteknya langsung tau pas q sebut :kapsul cacing: padahal asli…saya ragu ketika nanya ke apotek…pikiran q itu jamu tradisonal 🙂

  42. Haduh aku jg sakit typus,sdh dksh obat sieh sm dr,cm ga ada salahnya mau nyoba kapsul ada cacing jg,.. Seakit itu ??? enak,.. N sehat itu mahal 🙁

  43. Anak q(5 thn), sebelum bulan puasa td(28juli2011) setelah ganti dokter anak n tes darah hsilnya positif tipes, tp sdh hampir 1bulan, skit perut ny ga sembuh2… Baru 3hr aq ksih kapsul cacing tdk terlihat kemajuan, sakitnya kadang muncul kadang hilang tp napsu mkan nya baik2 aj… Kira2 knp ya, mohon solusinya…. Trims

  44. sy menderita skt types…ne yg k 3x ny sy mendrita penyakit ini…mkanan ap sj yg g boleh di konsumsi saat sakit types? thx

  45. maaf saya mau tanya pacar saya sakit tifus sama radang tenggorokan yg mau saya tanyakan obat apa yg paling mujarab unuk penyakit itu terima kasih.

  46. Sharing nie, wt yg typus bleh coba rebus 3daun sirih merah + 3kpsul cacingnya n garam + gula merah scukupnya di 240ml air.jadin 1gelas air,bs buat 2X Minum.
    Air hsil rebusan ditmbah 2sdm madu n 5-9 tetes propolis nano yg kadar propolisnya di atas 50% dgn rasa asli propolis.
    Minum 3X sehari sambil makan telor rebus,

  47. Bisa ditanya ke apotek, tanya aja obat tipus dari ekstrak cacing… Biasanya yg saya pake merk VERMINT…

  48. saya dah 1 minggu di RS karena kena tipus konsumsi obat dokter sekarang sudah bisa aktivitas lagi tapi kok rasanya perut masih tidak enak seperti maag, pandangan juga buram dan kelenjar getah bening di belakang telinga masih ada, apa tipus saya belum sembuh ya….? dokter juga tidak memberi pantangan apa2 selain pedas itupun karena mag nya, seharusnya saya pakai obat dokter, cacing (vermint) atau ke obat china ya…??? bingung saya mohon solusinya…

  49. aku juga hampir setiap bulan kena gejala (masih gejala), aku sudah tahu jika sudah drop dan suhu badan mendadak panas biasanya aku langsung cari obat langgananku yaitu cacing yg sudah di kemas dalam bentuk kapsul dan langsung minum 2 (dua), jika tidak ada perubahan dalam wktu 6 (enam) jam maka segera ke dokter untuk perawatan lebih lanjut,,
    memang cacing kalung sangat manjur untuk tifus dan biasanya di goreng tanpa minyak dan dicampur dg teh hangat.
    thx

  50. ka, nanya neh.
    da obat lain yang ampu selain cacing yang tumbuh subur dalam lingkungan yang, mf kurang bersih?

  51. mas aq mau tanya nih???
    Cacing yg digunakan apakah cacing tanah yg biasa buat mancing ikan?
    Soalnya aq gak paham takut nanti salah.

  52. aku smp kls 3, klo pnyakit tifus sdah langganan saya mas,,, knp klo saya makan buah pasti saya dah sakit.. knp mas,, klo makan buah saya jadi sakit ,,,apa g` ada solusinya …?????

  53. Terima kasih infonya. Saya baru nyoba kapsul cacing (Vermmint), tapi kok mahal ya, 12 biji 15rbu. Ada yang tau merk yang generiknya???

  54. Saya mo beli cacing kalung untuk mancing, dimana ya? daerah pasar minggu/jaksel

    trims

  55. makasih info nya..
    neh saya sedang cari tau obat nya…
    muntah2 terus sampe sakit bgt kagak nahan..

  56. selamat malam semua,
    saya juga baru saja terkena tipus, tapi untungnya udh tau penanganannya..kalau udh mulai gejala badan terasa panas, mual, nafsu makan hilang, demam, badan pegal2, dan yang paling susah tuh sakit kepala(pening) hanya di titik tertenu saja..saya langsung g makan yg keras2 seperti nasi, tapi langsung makan bubur atau roti + minum air hangat..beli obat TILUNG(obat tradisional dari ekstrak cacing) di apotik harga sekitar Rp. 13.500. jangan sekali-kali makan yg pedas dan asam.udh cuma 2 hari g jadi deh sakitnya..kalau tau gejala dan penanganannya tidak perlu repot bukan??
    thanks..

  57. makasih artikelnya, akhirnya ada harapan juga minum obat yang non kimia, secara ane saat ini lagi tipus dan ma dokter dikasih obat-obatan dengan dosis tinggi. moga bisa dapet neh cacing obatnya.. 🙂

  58. Badan panas tinggi tp terasa mnggigil, mual smp muntah,lidah putih kotor tebal, batuk, lemas tak bertenaga, ga da selera mkn, leucocite tinggi….kt tetangga tu gejala typus ….kt dr ku jg geto….aku skrg br recovery nih dr skt tsb….dah dr 2 yg gantian tangani untungnya dr k2 yg joss….aku cuma dkasih amox,tensi tinggi, vit, obt btk, n obat maag….skrg much better dah….tdnya kirain this is almost the end of my life je….thank Alloh f the chance u give f life longer….alhamdullillah x 200….

  59. memank ak jga memiliki penyakit itu , ak di datangi penyakit itu duduk di kelas 5 sd . waktu itu ak demam tinggi 1 minggu dan ak di urut oleh tukang urut mula mula nya aku sembuh ga tau nya datang lagi sudah 3 hari aku ke rumah sakit ga tau nya aku positif tifus , hingga skrg ak sudah duduk di kelas 1 smp penyakit itu masih kambu . malah , rambut aku sekrang udah rontok . rambut ku sekarang udah tipis karna pengaruh penyakit ini .

  60. Mas…..gmana cara membuat obat Types dari cacing mas yg paling efektif mas..???
    tolong mas…krn saya udah berkali- kali kena sakit types…!!

  61. dah jangan cari yang lain…cari aja obat tipes dari china (kan Wang) di jamin manjur….obat cacing itu perlu 1 bulan pengobatan tapi KAN WANG hanya 1 hari sudah terasa khasiatnya…coba tes…klo 1 hari gx ada kasiat langsung aja ganti ke vermint (obat cacing)…

  62. Mas tolong merek obat cacing kalungnya kirim ke-email saya, karena saat ini anak saya sedang menderita typus. Salam

  63. anakku yg baru 1,8 thn diponis tipus,smpat di opname tp dah hampir 2minggu makan obat dokter tp panasnya tetap naik turun neneknya kasi obat dr cacing + daun pigaga(bhs aceh) digiling trus diminum pke madu. Mdah2an ini bisa jadi obat.

  64. hai aku iktn gbung yah.. Aku juga penderita pnykit tifus dah dr smp T.T tiap kambuh psti lgsg d.opname tp pling lama 3 hr krn gk btah di rs.. Baru2 penyakit ini kambuh lg, pertama bdn rasax demam dan gak mau turun2 terus pusing dan mual, klo duduk atau berdiri agak lama dkit lgsg keringat dingin dan rasax mau pingsan,. Hanya berbaring di tempat tidur sj. . Kuliah.ku sgt terlantar pdhl udh mau ujian smester.. Aq bingung dg penyakit ini gak smbuh2 jg, aq jg udh beli tu obat kapsul ekstrak cacing tp baru sehari mnumx, mas apa btl obt ini bisa smbuhin tifus dan sy bs pulih dan menjalankan aktifitas lg,. Makasih

  65. Aww. Saya sdh sakit demam selama 1 minggu. Awalnya si bersin2 dulu.
    Udh ke dokter n minum obatnya tp blm berpengaruh. Apalagi obatnya sangat pahit shg mulut terasa sangat pahit n ingin meludah terus.. Saya skrg gak berani minum obat dr dokter itu lg..
    Jadi pengen nyoba kapsul cacing..

  66. udh tiga hr nah kada kawa bangun, lebaran hj x d tmpt tidur aja. kapsul cacing sdh d coba, lumayan…pengen makan daging sapi tp dmasak rebus pakai air sama garam aja, duh uenaaa…..ak, sdh lima potong habis saya makan. boleh gk boleh yg pntg perut isi!

  67. mas lw leh tau di mn bs dpt cacing kalung soalnya pcr sy dah ampir 2 minggu di vonis dgn dokt thypus trus dah brp hri ni dia d opname gr2 penyakit ni sm.

  68. chloramphenicol

    MIMS Class : Chloramphenicols, Eye Anti-infectives & Antiseptics, Ear Anti-infectives & Antiseptics
    See available brands of chloramphenicol
    See related chloramphenicol information
    Indication
    Listed in Dosage.
    Dosage
    Adult: PO Susceptible infections 50 mg/kg/day in 4 divided doses, may increase to 100 mg/kg/day in more severe infections. Ophth Ocular infections As 0.5% soln: Instill 1 drop 2 hrly, then adjust dosage interval upon improvement. Otic Otitis externa As 5% soln: Instill 2-3 drops 2-3 times/day.
    Click to view Dosage by Indications
    Administration
    Should be taken on an empty stomach. (Take on an empty stomach 1 hr before or 2 hr after meals.)
    Contraindications
    History of hypersensitivity or toxic reaction to the drug; pregnancy, lactation; porphyria; parenteral admin for minor infections or as prophylaxis; preexisting bone marrow depression or blood dyscrasias.
    Special Precautions
    Impaired renal or hepatic function; premature and full-term neonates. Monitor plasma concentrations to avoid toxicity.
    Adverse Drug Reactions
    GI symptoms; bleeding; peripheral and optic neuritis, visual impairment, blindness; encephalopathy, confusion, delirium, mental depression, headache. Haemolysis in patients with G6PD deficiency. ophthalmic application: Hypersensitivity reactions including rashes, fever and angioedema. Ear drops: Ototoxicity.
    Potentially Fatal: Bone marrow suppression and irreversible aplastic anaemia. Neutropenia, thrombocytopenia. Grey baby syndrome. Rarely, anaphylaxis.
    Drug Interactions
    Decreased effects of iron and vitamin B12 in anaemic patients. Phenobarbitone and rifampin reduce efficacy of chloramphenicol. Impairs the action of oral contraceptives.
    Potentially Fatal: Increases the effect of oral anticoagulants, oral hypoglycaemic agents, phenytoin. Avoid concomitant administration with drugs that depress bone marrow function.
    Click to view more Drug Interactions
    Pregnancy Category (US FDA)

    Category C: Either studies in animals have revealed adverse effects on the foetus (teratogenic or embryocidal or other) and there are no controlled studies in women or studies in women and animals are not available. Drugs should be given only if the potential benefit justifies the potential risk to the foetus.
    Storage
    For special storage condition to ensure optimal shelf-life of medicine… click to view
    Mechanism of Action
    For details of the mechanism of action, pharmacology and pharmacokinetics and toxicology … click to view
    MIMS Class
    Chloramphenicols / Eye Anti-infectives & Antiseptics / Ear Anti-infectives & Antiseptics
    ATC Classification
    D06AX02 – chloramphenicol; Belongs to the class of other topical antibiotics used in the treatment of dermatological diseases.
    D10AF03 – chloramphenicol; Belongs to the class of topical antiinfective preparations used in the treatment of acne.
    G01AA05 – chloramphenicol; Belongs to the class of antibiotics. Used in the treatment of gynecological infections.
    J01BA01 – chloramphenicol; Belongs to the class of amphenicols. Used in the treatment of systemic infections.
    S01AA01 – chloramphenicol; Belongs to the class of antibiotics. Used in the treatment of eye infections.
    S02AA01 – chloramphenicol; Belongs to the class of antiinfectives used in the treatment of ear infections.
    S03AA08 – chloramphenicol; Belongs to the class of antiinfectives used in ophthalmologic and otologic preparations.
    Related chloramphenicol information:
    Drugs interacting with chloramphenicol
    Find chloramphenicol in other countries
    Search chloramphenicol in Google
    Search chloramphenicol in PubMed
    Abbreviation Index

    Brands : Chloramex cap Chloramex syr Chloramex vial Cloramidina oint Cloramidina ophth oint Cloramidina vial Colme cap Colme Eye eye drops Colme syr Colsancetine cap Colsancetine syr Colsancetine vial Combicetin syr Empeecetin cap Empeecetin syr Enkacetyn cream Fenicol cap Fenicol syr Ikamicetin Ointment oint Ikamicetin Ophth Ointment ophth oint Isotic Salmicol 0.5% & 1% eye drops Kalmicetine cap Kalmicetine susp Kemicetine cap Kemicetine oint Kemicetine syr Kemicetine vial Lanacetine cap Licoklor cap Licoklor syr Palmicol cap Palmicol syr R E C O eye drops R E C O eye oint Ribocine cap Xepanicol cap Xepanicol syr

  69. gunakan antibiotic 1. thiamphenicol 500mg generic harga 500 rupiah an per tab . atau 2. chloraphenicol 500mg harga 1000 an per tab. per 6 atau 8 jam 1 x. segera sembuh tuoesnya, kecuali demam nyamuk tidak bisa disembuhkan oleh antibiotic ini. smoga berguna utk anda

  70. thiamphenicol

    MIMS Class : Chloramphenicols
    See available brands of thiamphenicol
    See related thiamphenicol information
    Indication
    Listed in Dosage.
    Dosage
    Adult: PO Susceptible infections; STD 1.5 g/day in divided doses Severe: Initial: Up to 3 g/day. Gonorrhoea 2.5 g/day for 1-2 days or 2.5 g on the 1st day, then 2 g/day on each of 4 subsequent days.
    Click to view Dosage by Indications
    Contraindications
    Hypersensitivity, preexisting bone marrow depression or blood dyscrasias, active immunisation. Pregnancy and lactation.
    Special Precautions
    Renal impairment, Mediterranean form of G6PD, prolonged use. Perform routine periodic blood examination.
    Adverse Drug Reactions
    Hypersensitivity, GI disturbances, stomatitis, glossitis, encephalopathy, mental depression and headache, ototoxicity. Haemolytic anaemia (Mediterranean form of G6PD), Jarish-Herxheimer reaction. Prolonged use may induce bleeding, peripheral and optic neuritis.
    Potentially Fatal: Bone marrow depression; grey baby syndrome, anaphylactic reactions.
    Drug Interactions

    Potentially Fatal: Drugs that depress bone marrow function.
    Click to view more Drug Interactions
    Mechanism of Action
    For details of the mechanism of action, pharmacology and pharmacokinetics and toxicology … click to view
    MIMS Class
    Chloramphenicols
    ATC Classification
    J01BA02 – thiamphenicol; Belongs to the class of amphenicols. Used in the treatment of systemic infections.
    Related thiamphenicol information:
    Drugs interacting with thiamphenicol
    Find thiamphenicol in other countries
    Search thiamphenicol in Google
    Search thiamphenicol in PubMed
    Abbreviation Index

    Brands : Biothicol cap Biothicol dry syr Canicol cap Cetathiacol cap Comthycol cap Comthycol dry syr Conucol cap Conucol dry syr Corsafen cap Corsafen caplet Corsafen Dry syr Daiticin cap Dexycol cap Fosicol cap Genicol cap Ipibiofen cap Kalticol cap Kalticol dry syr Lacophen cap Lacophen susp Lanacol cap Nilacol cap Nufathiam cap Nufathiam syr Opiphen cap Opiphen Dry syr Rindofen cap Sendicol cap Sendicol syr Thiamet cap Thiamet caplet Thiamfilex cap Thiamika cap Thiamycin cap Thiamycin caplet Thiamycin forte syr Thiamycin syr Thislacol cap Troviakol cap Urfamycin cap Urfamycin dry syr Venacol cap Venacol Dry syr Zumatab cap Zumatab syr

  71. bisa ga penyakit tifus yg dah positif ga di rawat di RS?? seberapa bahayanya kl di rawat di rumah aja?? tlg jawabannya,, trims.

  72. mantap juga ya bro…
    tapi apa harus direbus sama isi perutnya ya bro…??????????

  73. suami saya jg kena tifus,mmg badne panaz,kpla pusing,gag mau makan,kalo makan dikit rasane mau muntah,,waktu awal-awal suami saya tak kasih parasetamol,tp ttp gag ada perubahan,,truzz tak kasih telur ayam kampung+madu,,mmg staminane agak fit,tapi kalo mlm panase kambuh lagi..akhirnya saya beli kapsul cacing,,,walaupun saat ini belum sembuh bener tapi dah agak mending,,saya mau tanya biar sakit tifus suami saya gag kambuh lagi gimana ya???

  74. mas mo ty neh? anak sy umur 4th 2hr panasnya dah turun, biasanya klo dah sembuh dia beraktifitas sprti biasa tp ne dia lemas ga semangat ga doyan makan knp tuh???

  75. hi! nak tanya sikit pasal typhoid ni, saya ada kwn sakit deman N cirit birt selama 2 week till darah masa cirit, sampai masuk hospital selama 1 week sekarang, Dr masuk darah merah & darah putih 10 bag, oxigen & gandung air,./// hanya nak tahu selain ubat cacing ni ada UBAT LAIN TAK?????? ada kah penyakit ni menyebadkan kematian???

  76. assalam..
    mas…sy mw tnya lebih detail mengenai kandungan dr cacing kalung yg kt’y bisa menyembuhkan tifus. yg sy tw mmg tinggi protein, selain itu pa?
    sedangkan klo mmg protein yg bs menyembuhkan, hewan lain selain cacing kalung jg bnyak yg memiliki kandungan protein yg tinggi.
    jazakallah..

  77. apa ada obat tradisional untuk ususbuntu akut? smoga ada kawan-kawan yang bisa bantu info krn anak saya sudah diponis dokter harus dioperasi akibat meradang

  78. dulu saya hampir mati terkena tifus,bdan ak sudah kejang2 dan mulut ak berbusa.untung saya minum ramuan cacing tanah.alhamdulilah baik.

  79. sy puxa riwayt tifus.. skrg sy rasakn,bdn skit+xilu2,sakit kpla,.panas naik turun,dan agak mual,.kira2 tu tifus bkn ya?

  80. permisi.. ikutan nimbrung n tanya2 y ^^

    Pacar sy jg sedang demam, baru 2hari. Tapi panasnya turun naik gitu dalam seharinya. Misalnya siang atau paginya turun, tapi malamnya naik lagi. Panas yg turun terutama setelah minum obat dan setelah tidur. Tapi tidak lama akan naik lagi. Tidak sampai menggigil sih. Tapi bisa mencapai 39.5 derajat Celcius.
    Gejala lain yang dialami juga sakit kepala seperti ditusuk2, kesemutan di tubuh, hidung mampet, badan lemas, mata pun terasa perih karena panas badan. Penyebab awal demam ini sih diperkirakan karena radang tenggorokan. Tapi kenapa bisa sampai bikin kepala sakit seperti itu; sakit kepala di satu titik tertentu saja. Setelah cek ke dokter ternyata dia juga mengalami darah rendah. Tapi dokter bilang hanya demam biasa. Dokter juga hanya memberikan obat antibiotik, penurun panas, obat maag (utk sakit maagnya).
    Saya khawatir kalau dia terkena tifus atau DB. Tapi saya juga masih belum dapat memastikan karena tidak berpengalaman. Saya sudah menganjurkan untuk pemeriksaan darah di lab untuk berjaga2, tapi belum dijalankan.
    Mungkin dari Anda sekalian di sini bisa sharing mengenai masalah ini. Terima kasih sebelumnya ^^
    Gbu

  81. Saya sudah skt tifus slm 1mgg .stiap mlm bdn sy demam dan ke esokan hrY tdk bs bgn ,rsY Sprt brt skali bawa kepala.tapi kl siang hr bdn sy terasan enak.sy sdh periksa 2x kedokter.dan sdh mnm rebusan cacing.kdg sy terasa dingin kdg pns. Padahal sy sdh mkn byk. Saya hrs gmn?

  82. saya juga pernah sakit tifus saya minum air cacing,saya juga jual kalau mw hrgnya 35ribu..seplastik hubungi 98987307 (fitri)

  83. Kalo di etiket/lembar keterangan obat cacing yg kupunya sih ktnya dia bersifat bio medicine, jd bisa digunakan bersama obat kimia. Menurutku sih, lebih baik kasih jarak krg lbh 1 jam, jd minumnya ga barengan.

    Anyway,kalo smp berulang gitu, berarti mungkin kumannya blm tuntas dibasminya. Kalau krn ini maka org ybs mjd carrier (pembawa penyakit). nggak ada salahnya minta periksa tinja di lab u/ membuktikan ada/tdknya.

    terakhir, kalo jajan di jalan, pastikan lingkungan & penangannya bersih, masakannya (baru) dimasak hingga bener” matang + bawa tempat makan sendiri. Emang norak sih, tp berdsrkan penelitian yg pernah gw baca, hampir di semua alat makan di tempat makan kaki lima yg diteliti terdapat kuman penyebab tifus…

  84. Nah, sebenarnya saya mau aja mengkonsumsi apapun untuk sembuh dari sakit ini.
    Terkena penyakit ini, emang rada2 ektra ribet..trutama dengan anjuran ‘bedrest’.=(
    yg mau saya tanyakan, apakah ada efek samping mengkonsumsi obat2 tradisional jika digabung dengan resep dokter..?
    ad yg bisa sharing pengalaman?
    -regards-

  85. terima kasih infonya,nanti aku coba buat bapakku yang sudah 2 mingunan tanda – tandanya seperti artikel diatas.

  86. Kalo saya batuk,pilek,trus diperut tu rasanya melilit,tp kalo buang air besar nggak mencret dan panasnya nggak tinggi bngt gejala tifus bukan ya?

  87. Hello,

    Aku mau tanya nih ada referensi untuk pesan cacing kalung yg masih hidup untuk direbus.

    Kira2 ada referensi tidak dokter internist yg berpengalaman menangani tipus yg berulang-ulang/Tidak Tuntas.

    Tx,

    Tomi

  88. Aq gy skit demam tinggi tpi bru 3 hari sudah turun.
    Rasa’a mual2,muntah2,demam,batuk.
    Klo itu tipus ato DB?

    1. Saya kurang tau belum pernah sakit DB (mudah2an nggak akan). Tapi memang keliatannya itu tipus, tapi kok plus batuk ya? lebih baik periksa ke dokter terdekat aja mas…

  89. Anak sy umur 8thn skrg lg demam tinggi,gejala tipes. Yg disarankan udh dminum. Selain air putih,bs pocari sweat ga buat pengganti cairan tubuhnya?

  90. Waah dri smalem saYa mual Tp Ga bs muntah trus Pala sakit baDan panaS trus baDan TRAsa sakit smua.. TyPus bukan Ya?

  91. slaen makan bubur . bsa makan yg laen lg ngga ? biar ngga bosen tiap hari makan bubur mlu .
    kalo bsa makan yg laen . makan apa ajah iah yg d bolehin ? tapi biar bsa cped sembuh jga .

    thx .

    1. @Judie: Merknya macem-macem… kalau ke Apotik bilang aja kapsul cacing, pasti sudah mengerti, yang jaga Apoteknya…

  92. Informasi lain untuk obat tifus, Sari Kurma Tamr Obat Penyakit Tifus, Meningkatkan HB dan Trombosit dalam darah, Untuk Anak dan Dewasa. Terima Pesan Antar. call: 022-76128427 (Terima SMS), Ibu Puji Hastuti, Jl. Awibitung No.40 Cicadas Bandung. Sari Kurma Tamr Menyehatkan dan sesuai Sunnah Rosul. http://toko-obat.co.cc

  93. @Adi: Iya kandungan proteinnya jg tinggi 🙂 katanya bisa menambah berat badan dan nafsu makan juga 🙂

  94. sangat membantu! saya juga udah 3 kali kena tifus. 3 kali dirawat dirumah sakit. perut saya sensitif sama yg panas. makanya sekarang saya gak mau makan kambing duren dll lagi.

    btw, saya juga baru denger dari orang2 ttg cacing kalung, bahkan pas saya tanya dokter di RS. Pantai Indah kapuk. dia bilang , “air rebusan cacing kalung bukan untuk tipes saja, tapi banyak sekali bisa mencegah penyakit, dan sebagai anti oksidan juga.