Akhirnya 1 tahun berlalu setelah pertama kali mengenakan Amazfit BIP di lengan saya.

Amazfit BIP

Sebelumnya saya menggunakan Xiaomi Mi Band 2, namun saya memerlukan fungsi GPS untuk bisa memonitor perkembangan latihan saya dengan lebih akurat.

Awalnya memang agak ragu membeli smartwatch ini karena khawatir akan tidak adanya dukungan garansi. Namun ketika dibandingkan dengan smartwatch lain, dari sisi harga, sudah jelas Amazfit BIP jauh lebih murah, akhirnya resiko itu saya Ambil.

Fitur yang membuat saya menyukai Amazfit BIP

Yang paling utama yang saya suka dari smartwatch ini adalah sekali charging baterai bisa tahan hingga sebulan lebih (pemakaian minimum bisa sampai 45 hari). Males banget kalau harus 2-3 hari ribet nge-charge jam tangan.

Pemakaian saya yang sekitar 3-5 kali dalam seminggu untuk tracking lari, 2-5km (10-30 menit), baterai bisa tahan sampai 30 hari.

Catatan Waktu, Pace, Heartrate, Lokasi, dll

Selanjutnya, Jam ini ringan banget, rasanya tidak seperti menggunakan jam, tapi seperti gelang karet.

Tracking GPS cukup akurat, untuk latihan ringan di lintasan lari, smartwatch ini sudah sangat cukup. Setiap sesi latihan akan di-sync ke aplikasi Mi Fit, dan akan mencatat setiap detail latihan dari hari ke hari. Deteksi GPS memerlukan waktu rata-rata 5 sampai 30 detik.

Searching GPS

Entah berapa kali kaca Amazfit BIP ini kepentok tembok, pagar, besi, dll, tapi tidak tampak satu goresan pun, alias, kacanya cukup kuat.

Layarnya terbaca sangat baik di bawah terik matahari, semakin terik sinarnya, semakin jelas terlihat. Tidak seperti layar smartphone pada umumnya yang terlihat samar dibawah cahaya kuat. Memang layarnya tidak sejernih smartwatch yang lebih mahal, tapi bila melihat fungsi, layar ini lebih dari cukup.

Fungsi lain yang saya suka adalah notification yang dapat di seting dengan smarphone kita, phone call, sms, whats app, dll dapat di seting agar bisa muncul di Amazfit BIP.

Kurangnya apa?

Well, yang membuat saya memberikan minus adalah seringnya update A-GPS ketika sync dengan menggunakan Mi Fit hingga sync kadang memakan waktu lebih lama. Amazfit BIP juga tidak bisa dipakai berendam di air seperti aktifitas berenang, sejauh ini bila dipakai ketika mandi atau berhujan-hujan ria tidak ada masalah.

Selebihnya, you can’t complaint, dengan harga sekitar 600 ribuan, jam tangan ini lebih dari sekedar worth the money spent.