Selama karantina di rumah memang asik dengan menekuni hobi ini, selain menambah kegiatan, hasilnya juga bisa untuk refreshing dan dinikmati seluruh anggota keluarga.

Tidak semua tanaman untuk Aquascape itu mudah dan murah, ada tanaman-tanaman yang sulit perlu nutrisi tertentu dan perlakuan khusus. Berikut adalah beberapa tanaman Aquascape yang mudah untuk Pemula, yang dapat ditanam dalam Aquarium walaupun tanpa bantuan injeksi CO2 atau Karbondioksika.

1. Anubias

Anubias adalah tanaman primadona para penggemar aquascape, daunnya tebal, ada yang berbentuk besarm membulat, memanjang, atau dengan daun yang kecil. Akarnya akan mengenggam apapun yang ditempelinya. Sangat baik di tempelkan di batu atau dahan kayu.

Anubias Daun Kopi (Anubias Barteri Var. Coffefolia)
Anubias Daun Kecil (Anubias Barteri Var. Petite)

Anubias hadir dengan berbagai jenis dan tipe, namun hampir kesemuanya adalah tanaman mudah, dapat disinari dengan cahaya dari redup, sedang, hingga tinggi.
Pertumbuhan: Lambat
Cahaya: Redup hingga Tinggi
Nutrisi: Pupuk Macro
Harga: 20.000 – 2 juta ( tergantung jenis )

2. Bucephalandra

Ini adalah tanaman yang sangat mudah ditemui di Indonesia, terlebih di aliran muara dan mata air di hutan-hutan. Memiliki warna daun yang kompak namun dengan bentuk dan ukuran berbeda-beda tergantung jenis, ada yang berwarna hijau, coklat, keunguan, atau kehitaman, juga ada yang memiliki “glitter” hingga berkilauan bila terkena cahaya.

Bucephalandra

Pertumbuhan: Lambat
Cahaya: Redup hingga Sedang
Nutrisi: Pupuk Macro
Harga: 5.000 – 50.000

3. Cryptocoryne

Tanaman ini merumpun, seperti rumput liar, namun memiliki daun yang melebar ke arah luar, memiliki warna daun dari hijau, kemerahan, hingga kecoklatan. Akarnya akan merambat didalam dasar / substrat.

Criptocoryne di belakang anubias


Pertumbuhan: Sedang
Cahaya: Redup hingga Sedang
Nutrisi: Pupuk Macro + Micro
Harga: 10.000 – 25.000

4. Kadaka / Java Fern

Nama latinnya “Microsorum pteropus” dikenal dengan nama lokal “Kadaka” ini pun tumbuh di sumur-sumur atau sungai dengan air yang bening di Indonesia. Bentuknya merumpun, biasa ditempelkan di dahan / batu. Jenisnya cukup banyak, namun dengan kebutuhan yang kurang lebih sama.

Kadaka / Java Fern

Pertumbuhan: Sedang
Cahaya: Redup hingga Sedang
Nutrisi: Pupuk Macro
Harga: 10.000 – 50.000

5. Vallisneria

Tanaman ini cocok disimpan di bagian belakang aquarium sebagai latar, seperti alang-alang, tumbuh menjulang ke permukaan air pertumbuhannya cukup cepat, apalagi bila nutrisi memadai.

Vallisneria

Pertumbuhan: Cepat
Cahaya: Redup hingga Tinggi
Nutrisi: Pupuk Macro
Harga: 15.000 – 30.000