Secangkir Kopi Bikin Semangat !

"Secangkir kopi membuat anda lebih semangat" begitulah sepenggal kalimat pada kemasan plastik kopi Nescafe. Sebelumnya saya termasuk orang yang jarang sekali meminum kopi, karena menurut pendapat saya banyak hal yang kurang menguntungkan dari zat yang dikandung kopi. Ternyata apa yang saya perkirakan itu tidaklah sepenuhnya benar. Menurut penelitian, kopi ini mengandung anti oksidan yang jauh lebih baik daripada buah-buahan dan sayur mayur. Bahkan dalam sebuah jurnal, menegaskan bahwa kopi baik untuk gigi. Asid klorogenik, asid nikotin dan trigonelin yang terkandung didalam kopi dapat membantu mencegah bakteria agar tidak melekat pada gigi dan menghalang kerusakan gigi.

Secangkir Kopi
Secangkir Kopi di Meja Kerja Saya

Dibalik itu semua, saya sendiri tertular suka minum kopi ini sejak 2 tahun lalu dari calon istri he..he..he.. Walau tidak rutin meminumnya tiap hari, tapi saya perlahan menikmati minum kopi ini. Kini minum kopi saya lakukan tiap pagi hari ketika saya memulai aktifitas bekerja di depan komputer.

Saya kurang suka kopi yang hitam, saya lebih suka kopi yang ditambahkan krim dan sedikit gula. Saya tidak suka sesuatu yang terlalu manis, jadi satu sendok teh atau setengahnya sudah cukup bagi saya. Lebih baik lagi bila gulanya menggunakan gula rendah kalori atau gula jagung.

Bagi yang memiliki “kelainan” di lambungnya, minum kopi lebih baik jangan dilakukan ketika perut kosong. Minum kopi sesudah Anda melakukan sarapan atau dilakukan berbarengan dengan sarapan, misalnya dengan sepotong roti.

Anti-oksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merusak sel-sel serta DNA (cetak biru dari sel terkecil mahluk hidup). Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes type II serta terkena penyakit Parkinson. Namun Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang yaitu satu atau dua cangkir setiap harinya.

Bagaimana? Coba saja 1-3 hari anda melakukan aktifitas minum kopi di pagi hari dan rasakan bedanya…

Sumber Bacaan:
Kapanlagi.com
Nescafe Indonesia

Join the Conversation

28 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. aku mah, sukanya kopi hitam, kadang gak pake gula lg, rasanya enak.saya minum setelah sarapan atau setelah makan. teman bilang minum kopi bisa darah tinggi, benar kah ?

  2. sye pon mnum nescafee slalu…sukee,.mmg cdap,aroma bez..tp kwan2 slalu mrah,ktanya xbaik…huhuuhu….tp sye tau,ad kbaikannyaa…tp kn,.knapa sye skit gii jga..huhhuuuu

  3. ya memang benar kopi bikin semangat, itu kan efek dari kandungan caffeine yang berfungsi yang memacu kerja jantung agar memompa lebih cepat sehingga menimbulkan efek semangat…
    kalo udah kebiasaan, biasanya kalo ngga ngopi bakal jadi lemes atau pusing, karena jantung terbiasai di picu dengan caffeine, dan pemicunya di hilangkan otomatis badan jadi terasa lemas atau pusing..

    tapi yang saya tau hasil penelitian diatas tidak menyatakan khasiat kopi yang sudah di seduh dan atau di campur ini-itu.
    tetapi manfaat kopi MURNI (Biji kopi/bubuk kopi)atau kopi secara bahan dasar yang memiliki manfaat diatas…

    berlaku sama halnya seperti coklat, penelitian menyatakan manfaat coklat tapi coklat secara bahan dasar COKLAT, bukan olahan coklat yang di jual di toko atau pasaran yang rasanya manis..

    harap di pertimbangkan lagi bagi penyuka kopi, bukan tidak boleh tetapi dikurangi ya mas… yang paling sehat tetap air putih 8 gelas sehari… salam…

  4. 5 th yang lalu saya orang yang tidak kuat minum kopi tulen setelah saya rutin minum air “Jamur Dipo” badan saya fit dan minum kopi tdk lagi menguatirkan, sebab kopi manfaatnya besar

  5. Wah jadi nyambung yeuh…sejak agustus 2009 saya suka minum kopi.Bukan kopi hitam. Ternyata enak dan menyenangkan.

  6. aq dulu juga ndk terlalu suka kopi, tapi semenjak disarankan sama temenku kalo minum kopi bisa buat pikiran agak Frest,,,,ya aku coba aja.
    Sekarang aku suuuuuuuuukkkkkaaa bgt kopi tp yg pake krim, kalo kopi hitam aku gak suka.

  7. Aq Juga suka Bgt Ma kopi,
    Bawaanya kalo bis minum Kopi seger,,
    dan Aromanya itu Lho…
    Buat otak Fresh Bgt…
    tp kadang suka takut juga,,
    He,,

  8. Hey

    Ini artikel yang sangat bagus.
    Melihat tulisan anda , kami tahu keberadaan anda bahwa anda adalah sebagai penikmat dan pecinta kopi sejati.
    Jika anda ingin pengalaman tentang kopi lain. silahkan sudi mampir ke situs kami

    Eyang Sahid

  9. Wah, saya baru tau tuh…. Tapi apa semua kopi baik karena jaman instan seperti ini banyak kopi yang juga mengandung bahan kimia atau pemanis buatan.

  10. Sama pung saya juga kurang suka kopi, saya lebih suka air putih. Pernah baca di Mens Health tentang penelitian ini, dan memang khasiat kopi itu seperti apa yang dijelaskan diatas. Semoga saya diberikan jalan untuk minum kopi… Hidup Kopi! halah…