Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Senang rasanya bertemu dengan teman-teman lama ketika jaman kuliah dulu, wah ternyata banyak sekali diantara teman saya yang berubah perawakannya menjadi lebih besar dan ber-perut lebih maju. Orang tua jaman dulu sering menilai kalau Gemuk adalah makmur / bahagia. Jaman sekarang, pendapat itu perlahan terkikis oleh banyaknya pengalaman dan penelitian medis yang menerangkan akibat dari berbadan gemuk.

Saya memang tidak memiliki badan yang gemuk, tinggi saya kini sekitar 182cm dan berat sekitar 76, tapi keinginan saya cukup tinggi untuk memelihara bobot badan saya dalam keadaan ideal, salah satunya dengan berdiet. Sudah hampir 3 tahun saya selalu membatasi asupan makanan yang saya konsumsi, dan hasilnya sangat menakjubkan, sudah 3 tahun pula saya tidak terkena sakit seperti flu atau penyakit lainnya.

Penyebab Kegagalan Diet

Penyabab utama kegagalan diet adalah diet yang dilakukan secara tiba-tiba karena ingin memperoleh hasil secara cepat atau dikenal dengan istilah Crash Diet. Mengurangi porsi makan secara drastis, olahraga berlebihan, hingga meniadakan makan siang / makan malam, sudah pasti akan membuat diri kita tersiksa karena lapar, atau bahkan bisa jatuh sakit.

Pengalaman Diet Saya

Diet sebaiknya tidak dilakukan secara buru-buru, akan tetapi lebih ke tujuan jangka panjang, menurut pengalaman saya hal pertama yang harus diperhatikan adalah porsi makan atau pengendalian nafsu makan. Seperti sunnah Rasul, Berhentilah makan sebelum kenyang, banyak sekali faedah dari Sunnah ini, dan ternyata makan itu sangat nikmat bila dalam porsi yang cukup; tidak membuat sakit perut, tidak membuat ngantuk, dan kinerja pada saat jam kerja tidak menurun.

Menu dan Waktu Makan

Diet yang sehat, sebaiknya tidak menghilangkan waktu makan. Sarapan, makan siang dan sore, tetap dilakukan. Pagi hari, sepotong kecil roti, oatmeal, atau cereal sudah cukup bagi saya untuk mengawali hari. Usahakan jangan memakan makanan yang terlalu mengandung minyak seperti gorengan.

Makan siang, 1/4 atau 1/2 porsi nasi dan sayur sudah cukup bagi saya. Sebelum makan dan sesudahnya, minum terlebih dahulu air putih, atau sepotong buah-buahan segar, ini pun Sunnah Rasul :D, menurut penelitian, minum atau makan buah sebelum makan, akan menghambat penyerapan kolesterol kedalam darah, serta akan “mengenyangkan” perut kita sehingga tidak makan berlebihan.

Makan malam, saya lakukan sekitar jam 5 sore sampai jam 7 malam, saya lebih suka makan sayuran pada makan malam. Hindari tidur dengan kondisi perut kenyang / penuh, karena bisa berakibat kurang baik.

Diet untuk Sehat

Salah besar bila sebagian besar dari kita berpendapat kalau Diet berlaku hanya untuk menurunkan berat badan, justru tujuan utama dari diet itu adalah untuk mencapai badan yang fit dan sehat. Sesuai pepatah “You are what you eat”. Bila tujuan utama Anda Diet untuk sehat, anda akan rela memakan-makanan yang kurang enak 🙂 (he..he..he.) dibandingkan dengan makanan enak yang seringkali bersembunyi hal-hal negatif dibelakangnya… Tentu saja sepiring Black Pepper Steak akan terasa sangat nikmat bila dibandingkan dengan semangkuk salad :D.

Target Diet Selanjutnya

Mengendalikan nafsu makan sepertinya sudah saya raih 🙂 saatnya target selanjutnya dibidik, sudah beberapa bulan ini saya menurunkan porsi makanan / minuman yang berasal dari hewani, baik secara langsung atau pun makanan olahannya. Belum sepenuhnya vegetarian, tapi menuju ke arah sana… Terkadang saya pun masih memakan daging merah (Daging Sapi) atau daging putih (Ayam / Ikan), tapi dengan porsi yang sangat sedikit dan jarang.

Tulisan saya diatas hanya ditujukan untuk berbagi pengalaman, saya bukan ahli gizi atau dokter, hanya orang yang mencoba hidup sehat, dari apa yang kita makan.

Join the Conversation

27 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. nice info 🙂
    wah tips-tipsnya sangat membantu untuk program diet
    setuju banget pola diet ketat yang ditujukan untuk menurunkan berat badan memang sangat berbahaya bagi kesehatan dan bagi jiwa seperti yang disebutkan diatas. Memang tren jaman sekarang mengharuskan seseorang memiliki badan langsing terlebih kurus khususnya kaum wanita. Namun perlu diingat langsing tidak dapat diperoleh secara instan, cara yang paling tepat adalah pola makan diet sehat, olahraga teratur.

    Saya juga punya tips menarik tentang cara diet. Semoga membantu 🙂

  2. Terima kasih banyak kak Pupung atas infonya…
    Saya jadi lebih mengerti mekanisme yang harus di terapkan dalam melakukan diet.
    Dengan perubahan pola, saya tidak menyangka akan menurunkan berat badan seefektif itu..

    terima kasih atas peelajaran yang telah di berikan yah kak…

  3. … Bagi yang ingin tahu tips lainnya untuk menurunkan berat badan dan diet yang sehat… just .. visit my blog…

  4. turum berat badan 3-30 kg, dalam waktu singkat???
    gampang banget., apa lg tanpa efek samping dan garansi 30 hari.,
    hayo siapa yang mau???dan masalah kesehatan laen.,
    info lbh lnjut hub ika., 081945790303

  5. Thank’s mr.pupung artikel yg sgt baik setelah saya baca saya mendapatkan solusi untk menurunkan kolestrol saya dan yg penting saya jd py bayangan untk mengawali hdp sehat tanpa mengeluarkan bnyk uang
    Ok skali lg mksh bnyk..

  6. thank you for the info anyway. akan saya coba. sedang belajar untuk diet nih. pelan-pelan sih. hopefully, bisa jadi vegetarian. amin.

  7. saran yang bagus akan saya coba, karena saya sdh sering diet terakhir diet dg obat2an hasilnya turun 25 kg sih tp efek jangaka panjangnya saya sering masuk rumah sakit karena tipes

  8. Thanks, ist a useful stuft, if you want to have a successful diet, go to my blog, you can find healthy diet recipes and delicious diet recipes there. The recipes is good for your diet program.

  9. wah .
    bkln ak coba ah ..
    ak juga pnh mngurangi porsi dan turun 5kg .
    tapi stlh ngeliat libur ,
    gak bisa tahan lagi deh .
    hehe .

    kira2 kalo tiba2 lapar cemilan sehat apa yg cocok utk program diet ya ?
    mksih 🙂

  10. aku juga lagi diet,pasca melahirkan badanku naik 17 kilo,temen2 kerja hampir tiap hari meledek, Ibu hamil lah,hamil lagi,..si ndut,..setelah anakku 6 bulan,aku mulai berani senam ringan,..3 bulan terakhir aku banyak jalan kaki,…minimal 40 menit,..itu juga gk tiap hari,..aku mulai menekan keingin makan diluar,..sering2 baca artikel diet sehat,..alhamdulillah udah turun 6 kilo,.dan gk naek lagi,..pengennya seh ngebut biar cepet kurus,..biar gk diledekin,..gk apalah yang penting aku merasa lebih sehat

  11. saya ingin menurunkan berat badan saya,, tpi knpa tdk bisa yach???????????
    saya sdh melakoni’ny selama berbulan2,, tetapi brt bdn saya tambah naik!!!!!!!!!!!!!!

  12. kl hasil blm memuaskan hasilnya bisa mengikuti program penurunan berat badan.
    mama saya over weight sampai 30kg. tinggi badan 150cm, dengan berat badan 70kg lebih.
    mama saya sdh mencoba berbagai macam obat diet, namun gagal.
    dengan program biofit, dlm 1,5bln turun 17kg, lingkar badan mengecil sampai 12 cm.
    bila berminat bisa hub saya
    -hans-
    087832327700

  13. Thanks infonya bagus banget mr. pupung. akan sy coba. hal tsb berawal mendengar seorang teman mengikuti prog diet yg menghabiskan uang puluhan juta. sy berfikir knpa tdk diet dgn cara yg bijak saja. Nabi kita jg mengajarkan tata cara makan yg sehat. makasih banyak mr pupung n salam kenal dr bandarlampung