Jangan Makan Nasi Malam Hari

Bertemu dengan beberapa teman sewaktu kuliah memang menggembirakan, tidak bertemu satu atau tiga tahun sudah banyak yang berubah. Ada yang sudah “berdua” atau bahkan “bertiga”, tapi yang paling kentara adalah perubahan bentuk tubuh, kalau waktu kuliah dulu badan masih kurus, sekarang sebagian besar teman memiliki badan yang bongsor dan perut yang lebih maju he..he…

Ya, itupun terjadi dengan saya, semenjak saya lulus kuliah, kegiatan olahraga paling dilakukan menurun yaitu hanya seminggu 1 kali, yang biasanya 3 atau 4 kali dalam satu minggu.

Dalam satu tahun terakhir saya pun mengalami penambahan berat badan (walau gak sampe buncit :D), saya sendiri cukup aneh, padahal saya sedikit sekali makan nasi, makan siang dan makan malam porsi nasi hanya ukuran setengah dari porsi rata-rata orang Indonesia, dan sedikit makan daging dan ngemil. Akhirnya saya menemukan artikel ini. Ternyata makan nasi di malam hari lah penyebabnya.

Untunglah, saya bukan tipikal orang yang tidak tahan kalau tidak makan nasi, dalam sebulan ini saya rata-rata hanya makan nasi pada waktu makan siang saja. Untuk makan malam, bisa digantikan dengan makan sayuran atau buah-buahan.

Hidup di “kawasan” pendidikan Jatinangor memang agak sulit menemukan makanan sehat untuk malam hari, disana-sini goreng ayam, pecel lele, nasi goreng, dll dengan minyak goreng yang mungkin sudah tidak layak dipergunakan.

Solusi pasti ada, makan malam sudah sebulan ini dilalui dengan capcay rebus tanpa daging, sosis, dan bakso, gado-gado yang dibeli sore tadi, salad yang dibeli di restoran cepat saji, Jus dan sereal, atau dengan solusi terakhir yaitu oat dengan yoghurt.

Bagi yang belum terbiasa meninggalkan nasi, makan apa pun walau sudah menghabiskan 3 potong roti, belum terasa “makan” rasanya. Apalagi kalau makan makanan yang tinggi serat, perut akan terasa sedikit kembung.

Dalam 3 minggu menjalani diet “makan nasi sekali sehari” berat badan saya berkurang 2-3 kilo. Tidak hanya itu, pengeluaran untuk makan pun dapat dipangkas.

Saya bercita-cita untuk menjadi seorang vegetarian satu saat nanti. Jadi, belajar hidup sehat dari sekarang tidak ada salahnya.

Join the Conversation

20 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. Emang teramat sangat betul bila makan nasi malam hari berakibat gendut dan perut buncit.Bagi yang sering makan malam tapi tidak berpengaruh terhadap berat badan ya mungkin dasar dari sononya udah keturunan cungkring alis kurus jadi biar makan malam tiga kalipun tetap tidak bs gemuk

  2. hmm kurasa ga’ ngaruh makan kapan aja yang penting olahraga jangan di tinggalin, rajin shit up walau cma 5x shari push up 5x shari tu dah ckup buat yang takup perutxa buncit

  3. saya rasa justru engeluaran makanan buat malam hari lebih bertambah apalagi untuk daerah yang jarang jual makanan yang sehat ato sayur2an kan harus mencapai tujuan denan kendaraan(global warming)dan bagaimana solusi buat orang yang memiliki kerjaan/kegiatan di malam hari?mereka tentu membutuhkan energi,dan tidak mungkin hanya menyuruh untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat dengan eneri yang sedikit ato tanpa energi
    tetai aku sangat setuju dengan yoghurt baik buat pencernaan kita sebab yohurt itu merupakan rahasia umur panjang seperti jepang bagian okinawa

  4. @deky: Iya betul, selain faktor kebiasaan, ada juga faktor genetika yang berpengaruh. Ada yang pengen ngedegedin badan setengah mati tapi tetep kurus aja :D.

    @Achmad: Kalo makan nggak dilarang kok :D…

  5. tidak sepenuhnya benar kok. aku makan nasi seperti biasa , malam hari pun sembari baca buku juga ga nambah BB kok. mungkin wis pawakane dhewe-dhewe. dasare gembrot nggilani ya pasti bakal jadi nggilani juga. tapi sip banget kalo mau jadi vegetarian. itung2 bisa menurukan risiko global warming, kan hewan makan rerumputan dan tanaman. ntar klo semua jd vegetarian rumputnya habis dong. jadi perluasan lahan rumput dan tanaman makin banyak dan bumi mulai menghijau deh.

  6. 😀 iya, kayaknya untuk pekerja IT yang seringnya duduk, harus diperhatikan banget makanan dan olahraganya…

  7. Iya Pung, makan malem hari emang bkn gemuk + buncit. Gara2 sering makan pas malem hari sekitar jam 10-12 malem berat badan gw jd naek 😀