Hati-hati pake Kymco Jetmatic Trend XTR

Banyak berita miring tentang Kymco Trend XTR, gw nanya kesana-sini apa kekurangan dengan mesinnya, gak ada yang bisa jawab dengan meyakinkan. Ya Sutra lah issu ini memang mengiringi munculnya trend XTR. Tapi yang gw tau, Trend XTR itu suaranya beda ama Trend 2000, suara mesinnya lebih halus kedengerannya dan tarikannya lebih mantap dari Trend 2000 (kata yang udah pake).

Tiap kali ke Dealer pasti gw lihat ada aja trend XTR yang harus “nginep”, bukan masalah mesin, tapi kebanyakan masalah body yang retak, bahkan ancur karena nabrak. Selidik punya selidik, Trend ini punya rem yang kurang seimbang. Kalo trend 2000 kemampuan rem belakang maksimal, tapi rem depan yang kurang. Sebaliknya, Trend XTR rem depan mantep banget, dan rem belakang yang kurang.

Trend 2000 punya rem tromol dengan diameter besar, sedangkan Tren XTR punya rem tromol dengan diameter kecil, oleh karena itu, rem belakang suka loss. Kalo kurang hati-hati, pas ngegeber terus tiba-tiba harus rem. Pengendara bisa tergelincir jatuh karena hentakan rem depan, atau nabrak karena rem belakang kurang pakem.

Alasan itulah kenapa trend XTR harus “nginep” di bengkel itu. Yups mungkin pengendara XTR harus rajin-rajin cek rem belakang supaya selalu dalam keadaan prima.