Gaim Become Pidgin

Gaim adalah sebuah software pengirim pesan singkat (Instant Messenger) yang mendukung multi protokol, saya akrab menggunakan Gaim ini sekitar tahun 2002 ketika Linux sudah menjadi keseharian saya. Kini keseharian saya beralih ke Windows karena Notebook saya telah terinstall Windows, dan menggunakan Linux pada PC saya. Gaim adalah aplikasi yang sungguh mengagumkan, bagi saya, Gaim lebih hebat dari Instant Messenger seperti Yahoo! Messenger sekalipun.

Beberapa alasan saya memilih Gaim :

  1. Mendukung multi-protokol; Anda dapat online menggunakan protokol Yahoo, IRC, AOL, Jabber, ICQ dll hanya dengan menggunakan satu aplikasi GAIM.
  2. Dapat online lebih dari satu account secara bersamaan
  3. Sistem tabbing pada window dialog, tidak direpotkan dengan banyaknya window yang bermunculan bila menggunakan Yahoo! Messenger
  4. Hemat bandwidth, Gaim memang tidak memiliki fasilitas selengkap Yahoo! dengan segala plugin-nya, dengan demikian Bandwidth lebih hemat karena plugin-plugin yang tidak perlu tidak akan menggunakan koneksi
  5. Aplikasinya ringan, Gaim memiliki aplikasi yang lebih cepat dan ringan dari Yahoo! Messenger
  6. Sistem pengarsipan yang rapi dan plugins yang beragam

Namun sampai saat ini Gaim masih belum dapat mendukung dengan baik seperti:

  1. Transfer file (terkadang bisa – terkadang error)
  2. Voice Chatt
  3. Video / Webcam
Pidgin 2.0.0 beta 7

Pada awal tahun 2007 Gaim berubah nama menjadi Pidgin. Dikarenakan permasalahan nama yang dipergukanan (Gaim) oleh AOL. Mark Spencer kemudian mengubahnya. Nama tidak menjadi masalah bagi saya, kini Pidgin hadir dengan interface yang lebih memukau, dengan icon-icon baru. Go pidgin !!!