Secangkir Kopi Bikin Semangat !

"Secangkir kopi membuat anda lebih semangat" begitulah sepenggal kalimat pada kemasan plastik kopi Nescafe. Sebelumnya saya termasuk orang yang jarang sekali meminum kopi, karena menurut pendapat saya banyak hal yang kurang menguntungkan dari zat yang dikandung kopi. Ternyata apa yang saya perkirakan itu tidaklah sepenuhnya benar. Menurut penelitian, kopi ini mengandung anti oksidan yang jauh lebih baik daripada buah-buahan dan sayur mayur. Bahkan dalam sebuah jurnal, menegaskan bahwa kopi baik untuk gigi. Asid klorogenik, asid nikotin dan trigonelin yang terkandung didalam kopi dapat membantu mencegah bakteria agar tidak melekat pada gigi dan menghalang kerusakan gigi.

Secangkir Kopi
Secangkir Kopi di Meja Kerja Saya

Dibalik itu semua, saya sendiri tertular suka minum kopi ini sejak 2 tahun lalu dari calon istri he..he..he.. Walau tidak rutin meminumnya tiap hari, tapi saya perlahan menikmati minum kopi ini. Kini minum kopi saya lakukan tiap pagi hari ketika saya memulai aktifitas bekerja di depan komputer.

Saya kurang suka kopi yang hitam, saya lebih suka kopi yang ditambahkan krim dan sedikit gula. Saya tidak suka sesuatu yang terlalu manis, jadi satu sendok teh atau setengahnya sudah cukup bagi saya. Lebih baik lagi bila gulanya menggunakan gula rendah kalori atau gula jagung.

Bagi yang memiliki “kelainan” di lambungnya, minum kopi lebih baik jangan dilakukan ketika perut kosong. Minum kopi sesudah Anda melakukan sarapan atau dilakukan berbarengan dengan sarapan, misalnya dengan sepotong roti.

Anti-oksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merusak sel-sel serta DNA (cetak biru dari sel terkecil mahluk hidup). Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes type II serta terkena penyakit Parkinson. Namun Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang yaitu satu atau dua cangkir setiap harinya.

Bagaimana? Coba saja 1-3 hari anda melakukan aktifitas minum kopi di pagi hari dan rasakan bedanya…

Sumber Bacaan:
Kapanlagi.com
Nescafe Indonesia